Grid Pada Bootstrap

Assalammu'alaikum wr. wb.

A. Pendahuluan
1. Pengertian
Grid adalh struktur dau dimensi yang terdiri dari sumbu horisontal dan sumbu vertikal , sehingga akan tersusun kolom dan baris.
 
2. Latar Belakang
Di dalam bootstrap, grid system dibagi dalam 12 kolom (col-*) dimana dalam tiap barisnya (.row) yang diset dalam empat model xs (extra small), md (medium), sm (small), lg (large) sesuai lebar dari layar monitor, sehingga selain membantu kita dalam membuat layout web yang rapi, grid system bootstrap juga membantu kita membuat layout web yang responsive.

3. Maksud dan Tujuan
 Sistem grid Bootstrap menggunakan serangkaian kontainer, baris, dan kolom untuk tata letak dan menyelaraskan konten. Ini dibangun dengan flexbox dan sangat responsif. Berikut adalah contoh dan sebuah tampilan mendalam tentang bagaimana grid datang bersama-sama.

B.Cara Kerja Grid
  • Wadah menyediakan sarana untuk memusatkan dan mendatar pad isi situs Anda. Gunakan .container untuk lebar piksel responsif atau .container-fluid for width: 100% di semua area viewport dan perangkat.
  • Baris adalah bungkus untuk kolom. Setiap kolom memiliki padding horisontal (disebut selokan) untuk mengendalikan ruang di antara keduanya. padding ini kemudian ditangkal pada baris dengan margin negatif. Dengan cara ini, semua konten di kolom Anda sejajar secara visual di sisi kiri.
  • Dalam tata letak grid, konten harus ditempatkan di dalam kolom dan hanya kolom yang mungkin merupakan anak langsung dari baris.
  • Berkat flexbox, kolom grid tanpa width tertentu akan secara otomatis layout sebagai kolom lebar yang sama. Misalnya, empat contoh .col-sm masing-masing akan secara otomatis 25% lebar dari breakpoint kecil dan ke atas. Lihat bagian kolom tata letak otomatis untuk contoh lainnya.
  • Kolom kelas menunjukkan jumlah kolom yang ingin Anda gunakan dari kemungkinan 12 per baris. Jadi, jika Anda menginginkan tiga kolom dengan lebar yang sama, Anda bisa menggunakan .col-4 .
  • width kolom ditetapkan dalam persentase, jadi ukurannya selalu cair dan berukuran relatif terhadap elemen induknya.
  • Kolom memiliki padding horizontal untuk membuat selokan di antara kolom individual, namun Anda dapat menghapus margin dari baris dan padding dari kolom dengan .no-gutters pada kotak .row .
  • Untuk membuat grid responsif, ada lima titik putus grid, satu untuk setiap breakpoint responsif : semua breakpoints (ekstra kecil), kecil, sedang, besar, dan ekstra besar.
  • .col-sm-4 grid didasarkan pada kueri media minimum lebar, yang berarti mereka menerapkannya pada satu titik .col-sm-4 dan semua yang di atasnya (misalnya, .col-sm-4 berlaku untuk perangkat kecil, menengah, besar, dan ekstra besar, namun bukan titik xs pertama ).
  • Anda dapat menggunakan kelas grid yang telah ditentukan (seperti .col-4 ) atau Sass mixin untuk markup semantik yang lebih banyak.


C. Alat dan Bahan
>PC/Laptop
>Web Browser

D. Jangka Waktu Pelaksanaan
2 jam

E. Tahap Pelaksanaan
1. MenyiapkanPC dan Folder yang akan dipake
2. Menyiapkan library bootstrap
3. Memanggil alamat file pada bagian tag <head>
4. Memberi class pada elemen yang akan ditambahkan dengan bootstrap
5. Buka file lewat browser.

F. Kesimpulan
Dapat membantu kita dalam membuat tabel, baris, dan kolom menjadi rapi.

G. Referensi

Wassalammu'alaikum wr. wb.
SHARE

IKA NOVITA FATMAWATI

Hai, selamat datang di blog saya. Di blog ini saya berbagi tentang materi apa pun, misalnya : tentang instalasi cms open source. Semoga dalam isi blog ku ini bisa membantu kalian semua yang telah mengunjungi blog saya ini. Terima Kasih sudah mengunjungi blog saya.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com